angeun lada khas banten
sumber : letspaw.com

Rekomendasi 5 Kuliner Banten Paling Terbaik

Posted on

Apabila membahas mengenai kuliner di Indonesia, tentu variannya sangat banyak sekali. Tapi apakah Anda sudah mengenal lebih dekat atau sudah mencicipi sendiri kuliner Banten? Perlu diketahui bahwa Banten bukan hanya memiliki tempat-tempat wisata yang menawan, karena wilayah Banten juga terkenal dengan kulinernya yang begitu khas dan nikmat.

Berada dan tengah menikmati waktu liburan di Banten, maka jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner khas Banten.

Baca juga : 17 Oleh Oleh Khas Banten yang Populer Tahun Ini

Kelezatan Kuliner Khas Banten Yang Wajib Dicoba

Inilah beberapa kuliner khas Banten rekomendasi terbaik untuk Anda :

1.      Angeun Lada

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah Banten pasti merasa asing dengan keberadaan Angeun Lada ini. Namun, Anda harus merasakan sensasi makan makanan masakan berkuah ini. Makanan ini terbuat dari bahan daging sapi atau daging kerbau dan dicampur dengan beberapa jenis sayuran. Yang menjadi ciri khas dari Angeun Lada ini, terdapat pelengkap tambahan yang dikenal dengan pupa saun.

Makanan ini sering dijumpai dalam moment yang spesial dan penting, seperti saat lebaran, dalam acara adat, acara pernikahan, serta acara penting lainnya. Bagi Anda yang hendak mencicipi Angeun Lada ini, Anda bisa datang ke Warung Makan Doa Nini Aki yang berada di Jalan Raya Petir Serang, karena di tempat tersebut Anda bisa merasakan kenikmatan dari Angeun Lada yang paling lezat.

2.      Pecak Bandeng

Olahan ikan bandeng biasanya dimasak dengan cara digoreng, di bumbu kuning, dijadikan bandeng presto dan juga otak-otak ikan bandeng. Namun, kuliner dari ikan bandeng ini dibuat berbeda, karena warga Banten mengolahnya sebagai pencak bandeng, yakni bandeng goreng gurih yang disajikan bersama pencak atau sambal pedas khas Banten. Makanan yang satu ini bisa Anda jumpai di warung-warung hingga restoran yang menyediakan menu pencak bandeng, salah satunya adalah di RM. Pencak Bandeng Sawah Luhur.

3.      Nasi Sumsum

Kuliner Banten selanjutnya yang begitu khas adalah, nasi sumsum. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari campuran nasi, sumsum tulang dan aneka bumbu rempah yang khas. Namun sumsum yang digunakan berasal dari tulang kerbau. Rasanya begitu gurih dan nikmat, setelah dimasak dan digoreng menjadi satu, kemudian nasi sumsum dibungkus daun pisang, lalu dibakar hingga aromanya semakin harum. Namun sayangnya, nasi sumsum ini mulai jarang dijumpai di wilayah Banten. Untuk bisa menikmati sajian makanan yang lezat dan menggugah selera ini, Anda bisa datang ke kawasan pasar lama.

4.      Balok Menes

Namanya begitu unik karena kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong ini memiliki bentuk segi empat berwarna putih menyerupai balok. Untuk toping, balok menes ini dilengkapi dengan taburan serundeng dan juga bawang goreng. Jajanan khas Banten ini memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit lembek ketika masuk di dalam mulut.

5.      Kue Cucur

Kue cucur khas Banten ini sedikit berbeda dengan kue cucur pada umumnya, karena memang ukurannya lebih besar dan lebih bulat. Cara penyajian kue tradisional yang terbuat dari olahan tepung beras dan gula merah ini sungguh unik, karena memang disajikan langsung di atas daun pisang.

Jangan mengaku pecinta traveling dan kuliner, apabila Anda belum datang serta mencicipi kelima kuliner banten yang direkomendasikan di sini. Oleh karena datang dan nikmati sensasinya secara langsung, karena datang ke tempat asal dari lahirnya kuliner yang khas, akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi lidah Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *