oleh-oleh khas suku baduy

Apa Saja yang Dapat Dijadikan Oleh – Oleh Khas Suku Baduy?

Posted on

Semua orang tentunya pernah mendengar mengenai Suku Baduy. Ya, Suku Baduy itu sendiri sebenarnya adalah sebuah suku asli yang berdiam di wilayah Banten. Baduy ini merupakan salah satu suku di Indonesia yang masih sangat kental akan budaya dan tradisinya. Beberapa hal yang mencerminkan kehidupan khas suku Baduy, dapat Anda lihat dari bagaimana para masyarakat suku Baduy berpakaian, lingkungan sosial, serta peralatan – peralatan yang menunjang kehidupan mereka.

QUICK DETOX

Nah, tak hanya itu, mereka juga memiliki kekhasan dalam hal cendera mata. Barang – barang yang dijadikan cendera mata merupakan barang – barang unik khas dari Baduy asli. Nah berikut ini adalah beberapa jenis oleh – oleh khas suku Baduy yang perlu Anda ketahui.

Koja, Tas Unik Khas Suku Baduy

Oleh – oleh khas suku Baduy yang pertama adalah koja. Koja ini merupakan sebuah tas unik yang hanya ada pada suku Baduy saja ( dibuat langsung oleh masyarakat suku Baduy ). Uniknya dari tas ini adalah bahwa tas ini terbuat dari kulit kayu pohon Teureup yang dianggap memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan rayap dibandingkan dengan jenis kayu – kayu pohon yang lain.

Pembuatan tas ini sangatlah tradisional. Bahkan, dalam pencarian kayu pohon Teureup yang akan digunakan, masih di cari hingga ke pedalaman hutan. Nah, setelah kayu – kayu dan kulit pohon tersebut ditemukan, nantinya kulit dan kayu tersebut akan dijemur hingga kering dan dibuat layaknya serabut untuk dapat dibentuk tas dengan mudah.

Benang – benang serabut yang sudah terbentuk kemudian di rajut serta dibentuk sesuai dengan model tas yang Anda inginkan. Proses pembuatan tas akan selesai dalam beberapa hari atau beberapa minggu dikarenakan pembuatan tas ini masih sangat tradisional dan menggunakan tangan manusia. Sehingga pembuatan berlangsung lama disesuaikan dengan tingkat kerumitan serta model tas yang akan dibuat.

Biasanya tas koja ini digunakan oleh masyarakat Baduy dalam beraktivitas sehari – hari. Tas ini biasanya berwarna coklat kehitaman. Tas ini dapat membusuk dengan sendirinya apabila tidak digunakan lagi oleh pemiliknya.

Madu Hutan Baduy

Oleh – oleh khas suku Baduy yang kedua adalah madu hutan dari Suku Baduy. Madu hutan ini memang di ambil langsung dari alam sehingga nilai gizinya masih sangat tinggi karena tidak mengalami proses pengolahan sama sekali. Biasanya madu hutan ini dijual oleh para warga kepada para wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah suku baduy ini.

Meski begitu, hasil produksinya tidak menentu. Hal tersebut dikarenakan madu hutan baduy ini sangat bergantung pada persediaan madu di sarang lebah yang ada di hutan. Namun, untuk sekali pengambilan, kira – kira satu sarang lebah dapat menghasilkan 3 sampai 4 botol besar.

Madu hutan ini memiliki banyak manfaat, dan baik dikonsumsi dalam keadaan sehat maupun sakit. Efeknya hampir sama dengan suplemen dan vitamin yang biasanya kita temui di minimarket terdekat.

Orang – orang baduy tidak hanya menjual madu – madu hutan tersebut dalam kawasan suku baduy saja namun juga keluar dari daerah mereka. Bahkan, adapula yang rela datang ke Jakarta dan menempuh perjalan hingga 7 hari tanpa alas kaki. Hal yang demikian terjadi karena suku baduy masih sangat memegang tradisi suku mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda mengenai oleh oleh khas suku Baduy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *