leumeung malingping lebak
Leumeung sumber :google.com

Tahukah Anda apa sajakah oleh oleh khas Lebak Banten

Posted on

Kabupaten Lebak merupakan salah satu kabupaten di provinsi Banten yang memiliki beberapa destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Jika Anda berkunjung di kabupaten Lebak, Banten jangan membeli oleh oleh khas Lebak Banten untuk orang orang terkasih. Dibawah ini terdapat beberapa referensi oleh oleh khas Lebak Banten yang dapat Anda jadikan pilihan, yaitu :
a. Leumeung
Oleh oleh khas yang pertama adalah leumeung. Leumeung ini dapat Anda temukan di daeah Lebak selata. Leumeung terbuat dari campuran beras ketan dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu untuk kemudian di bakar hingga matang. Saat sudah matang, leumeung dapat dimakan dengan ditemani telur asin sebagai lauknya. Rasanya yang gurih dan khas menjadikan leumeung menjadi salah satu makanan khas yang dapat dijadikan oleh oleh.
b. Kue cucur
Makanan khas Lebak Banten yang dapat dijadikan oleh oleh lainnya adalah kue cucur. Kue ini dapat dijadikan untuk cemilan saat waktu luang karena rasanya yang legit dan agak renyah sangat pas jika disajikan dengan teh hangat. Kue cucur ini pertama kali ada di daerah Sareweh Kabupaten Lebak, Banten.
c. Opak
oleh oleh khas Lebak Banten yang ketiga adalah opak. Tahukah Anda apakah opak itu? Mungkin terdengar asing, bagi Anda yang tinggal di luar kota Banten. Opak adalah makanan yang berbentuk seperti kerupuk. Terbuat dari singkong atau juga bisa terbuat dari ketan. Opak cocok dijadikan teman menyantap karena rasanya yang gurih dan renyah. Opak ini dapat dimakan untuk menemani ketika Anda menyantap nasi dan lauk. Dapat juga dijadikan cemilan untuk menemani waktu senggang Anda. Opak ini dapat Anda temukan di daerah Malingping, kabupaten Lebak, di pinggir pinggir jalan banyak penjual opak untuk oleh oleh khas kabupaten Lebak. Opak ini cocok dijadikan oleh oleh karena tidak mudah basi alias tahan lama.
d. Buah buahan khas Lebak
Kabupaten Lebak memiliki komoditi unggulan holtikultura berupa buah buahan. Buah buahan tersebut meliputi buah durian, rambutan, manggis dan pisang. Walaupun mungkin banyak ditemukan di daerah lain, tidak ada salahnya untuk menjadikan buah buah tersebut sebagai salah satu buah tangan Anda ketika berkunjung di kabupaten Lebak. Karena pemerintah kabupaten Lebak mengembangkan program holtikultura karena permintaan pasar yang tinggi sehingga dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi petani masyarakat kabupaten Lebak.
e. Soevenir
Di setiap kota pasti terdapat ikon sebagai ciri khas kota tersebut. Ikon ikon kota tersebut banyak dijadikan miniatur atau souvenir. Di kabupaten Lebak terdapat beberapa galeri yang menjual soevenir untuk dijadikan oleh oleh. Soevenir tersebut berupa gantungan kunci, miniatur leuit, miniatur angklung dan banyak soevenir yang terbuat dari kerajinan tangan warga Lebak lainnya. Anda juga dapat membeli beberapa soevenir lainya seperti kaos untuk oleh oleh.
f. Angklung
Kabupaten Lebak mempunyai sebuah alat musik tradisional yaitu angklung buhun. Angklung buhun ini merupakan sebuah angklung tua yang menjadi sebuah kesenian pusaka masyarakat badui. Jika untuk oleh oleh khas Lebak Banten biasanya Anda dapat menemukan beberapa miniaturnya untuk dijadikan buah tangan ketika berkunjung di kabupaten Lebak.
Jika berkunjung di kabupaten Lebak jangan lupa untuk membeli beberapa oleh oleh khas Lebak Banten lainnya seperti, tas khas suku baduy, melinjo khas Lebak atau kain batik yang memiliki motif khas Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *