oleh-oleh khas baduy

Oleh- Oleh Khas Baduy yang Berasal dari Kerajinan Tangan dan Hasil Bumi

Posted on

Oleh- oleh khas Baduy memang banyak menarik perhatian, terutama karena proses pembuatannya yang hanya menggunakan bahan baku dari alam. Jika berkunjung ke Baduy, Anda bisa membawa pulang berbagai jenis oleh-oleh yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Tertarik untuk mengetahuinya ? mari kita bahas-bahas satu persatu oleh-oleh khas Baduy yang selalu menarik perhatian.

Kearifan Lokal Suku Baduy

Suku Baduy tinggal di pedalaman Provinsi Banten tepatnya di Kabupaten Lebak. Di tengah-tengah zaman yang sudah sangat modern, Suku Baduy memiliki bersinergi dengan alam dan mempertahankan kearifan lokalnya. Mereka menjunjung tinggi adat istiadat yang diturunkan sejak zaman nenek moyang. Warga Suku Baduy tidak tergiur dengan kemewahan dan kemudahan teknologi, mereka hidup secara manual dengan sangat bersahaja.

Kearifan lokal inilah yang menjadikan Desa Adat Baduy sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya sekedar berlibur, para wisatawan bisa mengingat kembali nilai-nilai budaya yang sudah banyak dilupakan.  Jika berkunjung kesini, Anda akan memiliki perasaan yang lebih untuk menghargai alam dan juga budaya yang tidak seharusnya dilupakan karena tergerus perkembangan zaman.

Baduy sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu Baduy dalam dan Baduy luar. Baduy dalam masih sangat menjunjung tinggi adat istiadatnya dan tidak terjamah oleh orang luar. Kebanyakan para wisatawan hanya mengunjungi Baduy luar sebagai destinasi wisatanya. Seluruh aktivitas yang ada di Baduy dilakukan dengan berjalan kaki. Tidak ada kendaraan bermotor yang bisa Anda tumpangi disini. Oleh karena itu, jika akan berlibur ke Baduy Anda harus menyiapkan fisik yang fit untuk menyusuri perkampungan Baduy dengan berjalan kaki.

Di Baduy Anda akan menginap di rumah-rumah warga. Tentunya tidak ada hotel dengan pelayanan mewah seperti di perkotaan. Anda harus membawa bahan logistik berupa makanan dan minuman sendiri jika berkunjung kesini. Anda bisa membawanya dari rumah atau membelinya langsung di kampung terakhir yang ditemui sebelum masuk wilayah Baduy Luar. Bahan logistik yang dibeli pun harus berupa bahan mentah. Nantinya bahan tersebut akan diserahkan kepada pemilik rumah untuk kemudian dimasak dan disantap bersama. Konon warga Baduy sangat menyukai ikan asin, Anda bisa memasukkan ikan asin ke dalam salah satu list bahan logistik yang harus dibeli.

Oleh-Oleh khas Desa Adat Baduy

Setelah mengetahui tentang kearifan lokal yang dijunjung tinggi oleh warga Baduy. Selanjutnya akan kita bahas mengenai oleh-oleh khasnya. Tidak berbeda dengan kehidupan yang dijalani, oleh-oleh khas yang dimiliki oleh warga Baduy juga sangat menjunjung tinggi kearifan lokalnya. Baik barang maupun makanan, semuanya dibuat dari bahan yang berasal dari alam. Proses pembuatannya pun dikerjakan secara manual.

Kebanyakan hasil  bumi yang dihasilkan warga Baduy juga dijual sebagai oleh-oleh seperti durian dan madu. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan mungkin akan cukup sulit merasakan durian segar yang matang langsung di pohon. Jika ada harganya pun pasti akan selangit. Di Desa adat Baduy ini Anda bisa merasakan buah durian yang baru jatuh dari pohon secara langsung. Bisa dibayangkan betapa segarnya rasa buah durian tersebut.

Kain tenun yang ditenun langsung oleh perempuan Baduy juga menjadi oleh-oleh yang tidak kalah menarik. Kain tenun ini tersedia dengan berbagai motif dan ukuran. Untuk ukuran kain tenun, harga kain tenun Baduy bisa dibilang relatif terjangkau. Rasakan langsung kearifan lokal warga Suku Baduy dan bawa pulang berbagai cindera mata menarik sebagai oleh- oleh khas Baduy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *