oleh oleh kabupaten lebak

Oleh-Oleh Kabupaten Lebak Banten Khas Dan Menarik

Posted on

Oleh-oleh kabupaten Lebak Banten sangatlah beragam. Kabupaten Lebak memang tidak seterkenal Bogor atau kota wisata lainnya yang ada di Banten. Meski demikian, sebenarnya Lebak memiliki berbagai destinasi wisata pilihan yang dapat dikunjungi seperti Pantai, perbukitan, tempat-tempat bersejarah dan wisata kota.
Tips berwisata ke Lebak
Bagi Anda yang baru pertama kali akan berwisata ke Lebak, agaknya sedikit merasa kebingungan mengenai pemilihan tempat wisata maupun jenis transportasi yang akan digunakan. Berikut ini ada 3 tips berwisata ke Lebak untuk mengatasi jauhnya jarak dari Jabodetabek.

QUICK DETOX
  1. Anda bisa memilih menggunakan commuterline jika berangkat dari Jabodetabek. Akses transportasi menuju lebak memang semakin mudah dijangkau semenjak ada kereta commuter dan tol Serang Timur yang baru selesai dibangun. Jadwal Commuterline dari Jabodetabek menuju Lebak dimulai dari pukul 05.50 WIB hingga 21.45 WIB dengan jeda 30-50 menit per jadwal. Total perjalanan yang akan ditempuh adalah 72, 7 km. Jika menggunakan commuterline Anda akan lebih cepat sampai karena hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.
  2. Setelah tiba di Lebak, Anda bisa langsung menyewa kendaraan berupa motor atau mobil. Menyewa kendaraan akan jauh lebih efisien dibanding membawa kendaraan sendiri dari Jabodetabek. Harga sewa mobil dan motor pun relatif terjangkau sama seperti di Ibukota. Sewa mobil dikenakan harga sewa antara Rp. 250.000-Rp. 300.000 pe hari.
  3. Alternatif terakhir, Anda bisa menggunakan agen perjalanan setempat untuk mengantar perjalanan selama berada di Lebak.
    Oleh-oleh khas Lebak
    Setelah puas berwisata, tentunya hal terakhir yang akan dilakukan adalah membeli oleh-oleh. Tidak perlu merasa bingung karena Lebak memiliki berbagai oleh-oleh khas yang menarik dari mulai makanan hingga souvenir-souvenir unik.
    Oleh-oleh khas pertama yang bisa Anda coba adalah emping melinjo dan keceprek. Yang membuat emping melinjo khas Lebak berbeda dengan emping dari daerah lainnya adalah tingkat ketebalan emping yang lumayan tebal. Emping melinjo sendiri dibuat dari tangkil atau melinjo yang dipisah dari kulitnya lalu kemudian di sangrai. Emping ini tersedia dari bentuk yang kecil hingga bentuk yang besar dan lebar. Selain emping, Anda juga bisa mencoba keceprek. Keceprek juga berasal dari olahan melinjo hanya saja bedanya keceprek tidak melalui proses pemipihan. Cukup sekali digeprek lalu digoreng, keceprek sudah siap disajikan. Bagi Anda yang enggan menggoreng emping sendiri di rumah, bisa memilih keceprek sebagai salah satu alternatifnya karena kebanyakan keceprek dijual secara matang.
    Masih seputar emping, Anda bisa mencoba emping jengkol yang tidak kalah uniknya dengan emping melinjo. Beberapa orang memang tidak menyukai emping ini karena bau khas jengkolnya. Namun bagi para penggemar jengkol, emping jengkol merupakan oleh-oleh wajib yang harus dibeli saat berada di Lebak. Tidak banyak toko oleh-oleh yang menjual emping jengkol ini. Biasanya emping jengkol lebih mudah ditemukan di Pasar Rangkasbitung.
    Oleh-oleh khas Lebak yang selanjutnya adalah gula aren batok. Berbeda dengan gula aren kebanyakan, gula aren batok memiliki struktur yang lebih padat sehingga akan tahan lebih lama. Gula aren ini dibuat dengan nira aren murni tanpa campuran apapun sehingga bisa dibayangkan betapa enaknya rasa manis dari aren asli yang dimiliki.
    Masih banyak lagi oleh-oleh khas Lebak yang bisa Anda temui. Anda bisa mengeksplore lebih banyak oleh-oleh khas Lebak yang unik dan menarik. Jika berkunjung ke Lebak jangan lupa membawa pulang Oleh-oleh kabupaten Lebak Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *