tas koja Baduy

Mengenal Oleh Oleh Khas Lebak

Posted on

Musim liburan akhir tahun telah tiba. Tentunya Anda sudah merencanakan liburan bersama keluarga bukan?. Saat liburan di suatu daerah rasanya kurang afdol jika tidak membawa buah tangan. Bagi Anda yang liburan di kabupaten Lebak yang beribukota di Rangkasbitung, terdapat beberapa oleh oleh khas Lebak yang wajib Anda coba, yaitu :

QUICK DETOX


a. Keceprek dan Emping Melinjo


Bagi Anda yang tinggal diluar kabupaten Lebak mungkin baru mendengar istilah keceprek walaupun setelah melihat, makanan ini sering terdapat juga di luar kabupaten Lebak. Tetapi keceprek asli Lebak memiliki perbedaan yang menjadi ciri khasnya. Keceprek terbuat melinjo yang ditumbuk hanya satu kali tumbukan, jadi bentuk dari keceprek ini mirip dengan mlinjo tetapi berukuran lebih kecil dan lebih tebal. Sedangkan yang emping melinjo, mungkin Anda sudah sering menemukannya di daerah Anda, namun emping melinjo asli kabupaten lebak memiliki ciri khas tersendiri yaitu berukuran lebih tebal dibandingkan dengan emping yang biasa kita temukan di kota lain. Anda dapat membeli yang sudah matang atau yang belum di goreng atau masih mentah. Jangan khawatir karena oleh oleh ini akan tahan lama jadi cocok untuk buah tangan liburan Anda.
b. Gula Aren Batok

gula aren baduy
gula aren
sumber :google.com


Gula aren batok merupakan oleh oleh khas Lebak yang kedua. Gula aren ini berbeda jika dibandingkan dari gula aren yang biasa kita temui. Perbedaan ini dapat Anda lihat dari bentuk, struktur, warna dan rasa. Bentuk gula ini mirip dengan buah coklat. Strukturnya lebih padat jika dibandingkan dengan gula aren biasa, warnanya coklat tua dan rasanya tentu memiliki ciri khas karena terbuat dari nila aren murni tanpa campuran. Jangan lupa membeli gula aren batok ini jika Anda berkunjung di kabupaten Lebak.
c. Kain Batik Khas Lebak


Tahukah Anda jika ternyata kabupaten Lebak mempunyai motif batik tersendiri. Motif ini diambil dari kehidupan masyarakat suku Baduy, yang merupakan suatu kelompok masyarakat kabupaten Lebak dengan menggambarkan upacara adat sunda yaitu seren taun dan leuit sajimat yang merupakan budaya masyarakat sunda.
d. Tas Baduy

tas koja baduy
tas koja Baduy
sumber:google.com


Suku Baduy mempunyai suatu kerajinan yaitu membuat tas yang berbentuk seperti jaring jaring yang terbuat dari kulit kayu yang sudah dijemur. Tas ini juga disebut dengan tas koja. Masyarakat suku baduy sering menjual tas koja ini ke kota untuk ditukarkan dengan membeli kebutuhan sehari hari mereka. Saat pertama kali menggunakan tas ini, akan tercium bau kayu. Tas baduy cocok untuk buah tangan Anda, apalagi jika teman teman Anda menyukai tas jenis etnik ini. Tas ini cocok untuk sekedar hangout atau juga bisa digunakan untuk kuliah, namun hati hati dengan barang barang kecil seperti pena karena bentuknya yang berupa jaring memungkinkan pena jatuh. Selain terlihat keren, tas ini juga tahan lama.
e. Emping Jengkol

emping jengkol
emping jengkol
sumber :google.com


Oleh oleh khas Lebak yang terakhir adalah emping jengkol. Seperti yang kita tahu, jengkol merupakan makanan yang sering kita temui di wilayah Banten. Rasa dari emping jengkol ini agak sedikit asin, jadi cocok untuk cemilan. Namun, karena tidak semua orang menyukai rasa dan aroma jengkol, tidak semua pusat oleh oleh menyediakan emping jengkol; pembuatan emping jengkol ini dimulai dengan merebus jengkol, lalu tumbuk hingga pipih dan dijemur hingga kering. Sama seperti emping mlinjo, Anda dapat menggoreng emping jengkol sebelum menjadi teman camilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *