pesona wisata banten

Malingping, Pesona Wisata Banten yang Cocok Bagi Jiwa Petualang

Posted on

Malingping adalah sebuah kecamatan terbesar kedua di Kabupaten Lebak, Banten.Malingping selain menyimpan pesona wisata Banten yang sungguh luar biasa. Penghasilan utama masyarakat Malingping adalah dengan bercocok tanam. Hal ini tidak terlepas dari asal-usul Malingping. Dahulu, daerah Malingping dijadikan tempat persembunyian kaum kolonial Belanda.


Pesona Wisata Banten di Malingping


Jika Anda berjiwa petualang, Malingping adalah daerah yang tepat. Anda dapat menjadikan tempat ini untuk memperbanyak pengalaman yang tentunya akan menambah kesan yang sulit terlupakan. Keunggulan Malingping bukan hanya pada sektor pertanian saja. Pesona wisata Banten di Malingping juga sangat banyak, antara lain:
a. Wisata alam
Salah satu daya tarik wisata alam di Malingping adalah wisata pantainya. Dengan pantai selatan jawanya wisata Malingping bisa menjadi daya tarik yang menarik wisatawan untuk datang ke sana. Banyak pantai-pantai yang terdapat di Malingping menyimpan keunikan dan pesona alam tersendiri. Berikut beberapa pantai yang menyimpan keelokan khas daerah Malingping.

  • Pesona Wisata Pantai Bagedur
    Pantai Bagedur adalah wisata tersembunyi di Banten yang memiliki pesona alam sangat indah. Berlokasi di desa Sukamanah pantai ini memiliki daya tarik dengan ombak air yang cukup kuat. Hal ini karena pantai Bagedur terletak di deretan pantai selatan.
    Dengan hamparan laut luas dengan angin yang cukup kencang membuat pantai ini menimbulkan kesan romantisme yang begitu kuat. Hanya dengan tiket masuk Rp. 2.000 saja, Anda bisa mendapatkan view yang cantik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan pancaran kilauan dari air laut. Sungguh pantai ini tidak boleh Anda lewatkan ketika berwisata ke Malingping.
  • Pesona Wisata Pantai Karang Taraje
    Pantai Karang Taraje menyajikan pesona wisata Banten bernuansa alam yang menakjubkan. Pantai Karang Taraje memiliki bentuk pantai dengan dipenuhi batu karang. Dalam bahasa Sunda, Taraje memiliki arti tangga. Pantai dengan karang seperti tangga sehingga jika ombak datang akan menghantam sisi karang dan akan menampilkan visual seperti air terjun.
    Tembok-tembok karang seperti diciptakan untuk menahan ombak yang datang. Jika Anda suka berfoto. Anda bisa menaiki batu karang besar untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Namun, Anda tetap harus waspada pada batu karang yang tajam agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Lokasi pantai Karang Taraje sekitar 38 kilometer dari Malingping yang terletak di desa Sawarna.
  • Pesona Wisata Pantai Sawarna
    Pantai Sawarna berdekatan dengan pantai Karang Taraje. Tempat wisata ini rekomendasi para wisatawan penyuka tantangan dengan liburan yang seru dengan pantai yang eksotik. Ada dua rute menuju lokasi pantai Sawarna. Rute pertama adalah jalur dari barat. Jika anda memilih rute ini, maka perjalanan bisa dimulai dari arah Jakarta menuju Serang. Lalu dilanjutkan ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping, melewati desa Bayah, hingga tibalah di Sawarna.
    Sedangkan jika Anda menggunakan rute timur Anda dapat memulai dari Jakarta untuk kemudian lanjut ke Ciawi menuju ke Pelabuhan Ratu kemudian ke Cisolok hingga tibalah di Sawarna. Harga Tiket Masuk di Pantai Sawarna sangat murah. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 5.000 rupiah untuk masuk. Sedangkan tiket parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000 sedangkan roda empat sebesar Rp. 5.000. Sangat terjangkau untuk wisata alam yang mempesona.
  • Pesona Wisata Pantai Karang Songsong
    Pantai Karang Songsong berada di bagian selatan Banten. Pantai ini termasuk unik karena terdapat begitu banyak batu karang cadas. Area di sekitar pantai hanya sedikit yang berpasir. Pantai Karang Songsong terletak di desa Karangkamulyan, Kabupaten Lebak Banten.
    Jika Anda tertarik melihat pantai dengan banyak batu karang yang tertata cantik, harga tiket masuknya hanya kisaran Rp.2.000 sampai Rp.5.000 per orang. Jarak yang harus ditempuh jika Anda dari Jakarta adalah sekitar 193,6 kilometer dengan estimasi waktu 4-5 jam perjalanan. Transportasi yang sangat disarankan adalah kendaraan pribadi. Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan angkutan umum karena lokasi pantai Karang Songsong tergolong pelosok dan tidak dijadikan rute angkutan.
  • Pesona Wisata Pasir Pair Putih Suka Hujan
    Pantai ini dari namanya terdengar unik dan tidak biasa. Siapa sangka pemandangan yang di suguhkan pun memang membuat magnet tersendiri bagi wisatawan. Pantai Pasir Putih Suka Hujan berada di sepanjang jalur pantai selatan antara Malingping dan Cihara. Dengan pasir putih yang menawan menjadikan pantai suka hujan sebagai salah satu destinasi wisata tersembunyi di Banten.
    Pantai ini juga cocok untuk hunting fotografi karena memiliki background yang sangat alami. Jarak tempuh yang hanya 15 kilometer dari Malingping ini pasti akan sangat memanjakan mata. Pantai ini juga lumayan sepi, jadi bagi Anda yang tidak terlalu suka kebisingan pantai ini bisa menjadi alternatif jalan-jalan terbaik. selain itu, jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang banyak tersedia di sana.
  • Pesona Wisata Pantai Badul
    Pantai bandul merupakan salah satu tempat wisata di Pandeglang Banten yang juga layak dikunjungi. Walaupun bukan salah satu destinasi wisata di Manglingping tetapi pantai bandul tetap layak dikunjungi. Pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih dan jernih. Jika Anda suka melakukan aktivitas snorkeling pantai ini cocok Anda kunjungi. Anda tentunya bisa menjelajahi keindahan alam bawah laut dipantai ini.
    b. Pesona Wisata Budaya
    Wisata budaya Banten di Malingping bisa dimulai dari sisa-sisa tempat kolonial Belanda. Tidak hanya itu, bangunan ini juga merupakan bukti perjalanan romusa di Malingping yang akan menambah wawasan dan rasa cinta tanah air Indonesia. Untuk mengabadikan moment, anda juga akan disuguhkan pemandangan yang apik dengan kesan klasik. Rasanya anda seperti menyaksikan kembali sejarah masa lampau jaman Belanda.
    c. Pesona Wisata Kuliner
    Wisata kuliner di Malingping mempunyai cita rasa yang benar-benar khas yang bisa Anda nikmati ketika berwisata ke sini. Misalnya saja gula beureum, tuak dan ikan. Yang tidak kalah populer, wisata khas Malingping lainnya yakni Leumeung. Masyarakat sekitar terbiasa menyebutnya dengan Lemang. Makanan khas yang satu ini dibuat dari beras ketan yang telah dibumbui dan dicampur dengan santan kelapa. Proses pengolahannya menggunakan media bilah – bilah bambu yang dibakar. Setelah lemang matang, segera konsumsi dalam keadaan hangat dengan cara membelah bilang bambunya. Agar lebih nikmat, anda bisa mengkonsumsinya dengan lauk telur asin.
    Kekayaan Alam Banten yang Berlimpah
    Kekayaan alam di Malingping, Banten sebagai daerah yang kurang tersentuh pada jaman dulu ternyata tidak bisa diremehkan begitu saja. Dengan pengelolaan yang baik, hasilnya dipastikan daerah Malingping akan berkembang pesat. Beberapa kekayaan alam Malingping meliputi beragam sektor berikut ini.
  • Tambang emas
  • Tambah batu bara
  • Tambah galena
  • Tambah pasir
  • Perkebunan teh
    Peta wisata Banten tepatnya di daerah Malingping memang masih terkendala akomodasi dan infrastruktur yang kurang memadai. Perjalanan menuju ke Malingping yang tidak mudah, membuat beberapa wisatawan agak enggan jika berkunjung ke sini. Jalan sangat berliku dengan kelokan yang curam menjadi penghambat pertumbuhan wisata di daerah ini. Tetapi, bagi Anda penyuka wisata tantangan Malingping akan sangat cocok untuk merangsang adrenalin Anda.
    Sebenarnya, masih ada banyak sektor wisata dengan pantai-pantai yang indah lainnya. Wisata Malingping Banten memang belum terlalu populer dari wisata-wisata lainnya. Namun, dengan pengelolaan yang baik buka tidak mungkin Malingping menjadi daerah dengan salah satu pesona wisata Banten yang banyak dikunjungi. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi ketika bingung memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *