makanan khas serang

Makanan Khas Serang Banten yang Populer dan Lezat

Posted on

Indonesia adalah negara yang sangat cocok untuk dijelajahi bagi Anda yang suka berwisata kuliner. Banyak daerah dan tempat di Indonesia yang memiliki makanan khas dan tidak dapat ditemui di tempat lain. Salah satunya adalah Banten, Banten merupakan provinsi di Pulau Jawa dengan ibukota Serang. Di Kota Serang, Anda bisa menemui banyak kekayaan alam, budaya, suku, pariwisata, dan tentunya kuliner minuman dan makanan khas serang Banten.

QUICK DETOX

Jika Anda penasaran dengan kelezatan makanan khas Serang Banten, berikut adalah daftar kuliner khas Serang Banten yang populer dan lezat, antara lain:

  • Nasi Sumsum

Makanan khas Serang Banten yang pertama adalah nasi sumsum. Nasi sumsum merupakan kuliner yang ada sejak tahun 1941 dan hingga kini masih bisa ditemui. Nasi sumsum adalah nasi biasa yang dibakar dengan campuran sumsum tulang di dalamnya. Sejarah nasi sumsum berawal dari seorang tukang potong hewan yang selalu membawa pulang sisa tulang hewan yang dipotong untuk diolah. Dengan tangan lihai sang istri, tulang tersebut dimasak dengan nasi yang sampai saat ini masih ada dan dikenal dengan nama nasi sumsum bakar.

  • Sate Bandeng

Sate bandeng adalah makanan khas Serang Banten paling populer dan terfavorit. Bahan utamanya adalah bandeng yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuat berbeda dengan sate lain pada umumnya. Jika bandeng pada umumnya hanya digoreng atau dibakar, bandeng makanan khas Serang Banten ini dibuat sebagai sate. Bandeng terkenal dengan sisik dan tulang durinya yang sangat banyak sekali, membuat banyak orang enggan untuk ribet memakannya. Namun berkat juru masak pada kerajaan Banten di abad ke-16, bandeng diolah dengan proses pembersihan seluruh sisik ikan, dan pemisahan antara kulit dengan daging, yang kemudian ditusuk menyerupai sate.

  • Pecak Bandeng

Pecak adalah nama istilah sambal yang pedas dengan bahan lain, dan bahan lain tersebut adalah nama terusan setelah pecak. Seperti makanan khas Serang Banten bernama pecak bandeng. Jika Anda berlibur ke Banten, Anda harus mencicipi kelezatan pecak bandeng, salah satunya di tempat yang sangat populer di Banten untuk menu pecak bandeng yaitu rumah makan pecak bandeng di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kesamen, Serang Banten. Ikan bandeng yang disajikan di rumah makan pecak bandeng tidak berduri dan telah dibuang sebelumnya. Jadi Anda bisa dengan nyaman dan lahap menyantapnya bersama nasi. Harga pecak bandeng ini pun sangat terjangkau dengan harga Rp. 20.000 an saja.

  • Rabeg

Bagi orang Serang Banten, rabeg memang sudah sangat populer. Rabeg adalah makanan khas Serang Banten yang tercipta dari hasil adaptasi kuliner Arab dan Timur Tengah. bahan utamanya adalah daging, dan jeroan wedhus, wedhus adalah sebutan orang Jawa untuk kambing. Rebeg disajikan dalam keadaan hangat dengan cita rasa yang menggugah selera. Ada rasa pedas yang bercampur dengan rasa manis. Dilihat sekilas rebeg mirip dengan makanan tongseng, namun rebeg dibuat dengan lebih banyak rempah-rempah seperti jahe, cabai merah, dan lada. Rebeg lebih nikmat dibuat dengan rasa pedas, namun Anda juga bisa mengatur tingkat kepedasannya sendiri yang pastinya tetap akan membangkitkan selera makan.

Itulah makanan khas Serang Banten yang hanya disebutkan beberapa saja. Masih ada banyak kuliner khas berasal dari Banten yang tidak mungkin semuanya dapat dijelaskan di artikel ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan seputar ragam kuliner Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *