oleh oleh serang banten

Main ke Banten jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Serang Banten yang Khas dan Unik Ini

Posted on

Sebagai provinsi di ujung barat Pulau Jawa, Banten memiliki koleksi kuliner khas yang cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Apa saja daftar oleh-oleh Serang Banten yang cocok dibawa pulang?

QUICK DETOX

Sate Bandeng

Kalau Semarang terkenal akan bandeng prestonya, Serang Banten terkenal akan sate bandengnya. Sate bandeng ini sudah dikenal masyarakat sejak zaman Kerajaan Banten sekitar tahun 1500-an. Anda bisa menemukan jajanan unik ini di sekitar Kota Serang. Sate ini terdiri dari dua versi yakni versi sate kukus dan sate yang diasapi.

Dari keduanya versi sate bandeng yang diasapi terasa lebih mantap dan memiliki aroma yang sangat khas. Sate bandeng terasa lebih nikmat kalau dimakan bersama dengan sambal dan cocok dijadikan lauk makan. Salah satu rumah makan yang menjual sate bandeng yang terkenal di Serang yakni Sate Bandeng Ibu Aliyah yang terletak di Jalan Sama’un Bakri, Lopang Gede No. 21, Serang.

Pasung Merah

Oleh-oleh Serang Banten ini memiliki bentuk yang unik yakni berupa kue berbentuk corong terbalik yang dibungkus memakai daun pisang. Kue yang terbuat dari tepung sagu, santan, tepung beras dan gula merah ini memiliki rasa yang cenderung gurih. Anda bisa menemukan kue pasung merah dengan mudah di toko pusat oleh-oleh yang banyak terdapat di Banten.

Nasi Uduk Serang

Nasi uduk merupakan makanan yang sudah umum dan banyak dijumpai di beragam tempat di Indonesia. Serang juga memiliki versi nasi uduknya sendiri. Nasi uduk Serang cukup berbeda dengan nasi uduk dari kawasan lain. Perbedaannya tak hanya terlihat dari segi rasa, tapi juga olahan, kemasan dan lainnya. Nasi uduk khas Serang ini terdiri dari nasi uduk, telur dadar pedas, tempe goreng, sayur dan gorengan. Biasanya nasi uduk Serang ini disajikan saat makan pagi sebagai menu sarapan.

Rabeg Banten

Makanan yang satu ini merupakan makanan kebanggaan masyarakat Serang. Awalnya Rabeg merupakan makanan khusus bagi Para Sultan Banten di zamannya. Rabeg Banten terbuat dari daging dan jeroan sapi yang dimasak bersama dengan rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, kayu manis dan rempah pala. Anda bisa menemukan penjual rabeg Banten di kawasan Lopang tak jauh dari Pasar Lama di Kota Serang.

Pecak Banten

Selain sate bandeng, Serang juga terkenal akan makanan olahan bandeng lainnya seperti pecak bandeng. Pecak bandeng merupakan ikan bandeng yang dibakar kemudian dipecak menggunakan bumbu-bumbu rempah yang membuat rasanya jadi lebih mantap dan beraroma menggoda. Kuliner yang satu ini sering banget diburu oleh para wisatawan terutama ketika liburan akhir pekan.

Nasi Sumsum

Nasi sumsum yang terbuat dari sumsum tulang kerbau ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Nasi ini dibuat dengan cara mencampur nasi dengan sumsum sapi dan rempah-rempah. Nasi campur tersebut kemudian dibungkus memakai daun pisang lalu dibakar sampai mengeluarkan aroma yang khas dan menggoda. Rumah makan yang terkenal akan menu nasi sumsum salah satunya adalah nasi bakar sumsum Mang Puri yang terletak di Jalan Pangeran Purbaya, Pasar Lama Depan Pelita, Serang.

Kerupuk Dapros

Oleh-oleh Serang Banten lainnya adalah kerupuk dapros. Kerupuk ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung beras. Anda bisa menemukan kerupuk dapros ini dalam beberapa varian warna mulai dari merah, hijau sampai kuning. Ketika kerupuk dapros mentah digoreng, kerupuk akan merekah layaknya bunga mawar yang mekar. Anda bisa menemukan kerupuk dapros dengan mudah karena banyak dijual di kawasan Cilegon sampai Serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *