oleh oleh khas banten

Ini 5 Oleh-Oleh Khas Banten yang Sayang untuk Dilewatkan

Posted on

Provinsi Banten tak hanya terkenal sebagai kota dengan tempat wisata eksotis dan menarik saja. Oleh-oleh khas Banten juga tak kalah populer karena kelezatan dan keunikannya. Jika Anda berkunjung ke provinsi Banten, tentu tak lengkap rasanya bila tak mencicipi makanan atau kuliner khas Banten. Dimana sebagian kuliner khas Banten juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Mungkin makanan Banten berbeda dari makanan khas Sumatera Barat atau Padang yang biasanya dijual di seluruh kota di tanah air. Jadi, jika ingin mencicipi makanan khas provinsi Banten Anda harus langsung pergi ke kota Serang, Banten.

QUICK DETOX

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Banten?

Bagi Anda yang tertarik dan penasaran dengan makanan khas dari Banten, berikut pilihan oleh-oleh khas Banten yang wajib Anda cicipi dan bawah ke tempat Anda di bawah ini!

  • Lemeung

Salah satu kuliner khas di Banten, tepatnya di Banten Selatan ada oleh-oleh khas bernama Lemeung. Lemang atau leumeung ini dapat Anda jumpai di kecamatan Malingping, kabupaten Lebak. Makanan khas dari Banten ini terbuat dari beras ketan yang diberi bumbu santan kelapa yang kental. Adonan santan dan beras ketan tadi dimasukkan pada bambu, lalu dibakar di perapian sampai matang. Ketika lemang sudah matang dapat dimakan langsung selagi masih hangat. Saat memakan lemang, warga Banten biasanya menambahkan menu telor asin untuk pendampingnya.

  • Gipang

Gipang adalah makanan ringan sebagai makanan khas Banten yang kini banyak dijual untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari bahan ketan dicampur dengan air gula. Oleh-oleh khas dari Banten ini memiliki cita rasa manis dan bertekstur renyah, tapi sedikit lengket. Makanan khas Banten tersebut dapat dibuat dari bahan beras ketan putih atau ketan merah. Sekarang, kue gipang sudah dimodifikasi dengan berbagai pilihan rasa, seperti gula merah dan rasa pandan. Di samping itu, ada gipang yang juga dibubuhi topping selai kacang sehingga memberikan cita rasa yang sangat menggugah selera.

  • Kue Jojorong

Apakah Anda pernah mendengar nama jojorong? Selain namanya yang unik, rasanya juga tak kalah menarik. Jojorong ialah panganan berbentuk kue basah. Kue jojorong memiliki bentuk mungil dan memiliki sensasi rasa yang lembut serta gurih. Di Banten sendiri, Anda bisa menemukan kue jojorong di daerah Malingping dan Rangkasbitung. Biasanya kue jojorong ini dijajakan di pasar tradisional. Jojorong sendiri dibuat dari campuran gula merah, tepung beras, dan tepung kanji. Oleh-oleh khas Banten ini biasanya dibungkus memakai daun pisang.

  • Opak

Opak juga termasuk penganan khas Banten Selatan. Opak merupakan sejenis penganan orang sunda dengan penampilan dan bentuk yang mirip seperti kemplang khas Bangka. Untuk membeli oleh-oleh opak ini, Anda bisa pergi ke Desa Pagelaran, tepatnya di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, provinsi Banten. Di daerah Malingping, opak merupakan camilan khas yang banyak dijajakan di sepanjang jalan antara Simpang – Bayah.

  • Rengginang

Rengginang merupakan panganan favorit masyarakat, biasanya rengginang disajikan begitu saja sebagai camilan tanpa pendamping apapun. Rengginang memiliki rasa yang gurih ditambah kerenyahan teksturnya membuat orang semakin ketagihan saat mencicipinya. Namun, tahukah Anda bahwa rengginang ialah oleh-oleh khas Banten? Rengginang khas Banten ini terbuat dari bahan beras ketan yang dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di bawah sinar matahari. Kue rengginang yang telah digoreng sampai matang biasanya berwarna putih. Namun kini Anda bisa menjumpai rengginang dengan berbagai macam rasa dan warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *