daftar makanan khas Banten

Daftar Makanan Khas Banten yang Harus Dicoba Selama Liburan di Banten

Posted on

Banten tak hanya terkenal akan obyek wisatanya yang indah, tapi juga kulinernya yang beragam. Tak ada salahnya membuat daftar makanan khas Banten yang harus dicoba selama Anda liburan di Banten.

QUICK DETOX

Daftar Kuliner Khas Banten yang Paling Populer

Ada berbagai macam makanan khas Banten yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Banten. Beberapa makanan tersebut bahkan ada yang sudah banyak dijual di luar Banten. Apa saja daftar makanan lokal tersebut?

Rabeg Banten

Makanan khas Banten ini merupakan salah satu makanan terpopuler yang paling banyak dicari wisatawan. Rabeg Banten yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten ini disajikan dengan kuah di mana di dalamnya terdapat jeroan dan daging kambing. Makanan ini memiliki cita rasa sedikit pedas dan lebih lezat disantap selagi masih hangat.

Sate Bandeng

Bila di daerah lain ikan bandeng dibuat presto, tak demikian dengan Banten. Di sini ikan bandeng justru dijadikan sate. Makanan yang satu ini sudah cukup terkenal terutama karena cita rasanya yang enak dan unik. Ikan bandeng yang dimasak pun diolah menggunakan bumbu-bumbu rempah pilihan sehingga rasa gurihnya terasa cukup kuat.

Sate bandeng juga sudah diolah sedemikian rupa sehingga duri-durinya hilang. Anda pun bisa memakan sate ini dengan tenang tanpa khawatir akan menelan duri ikan. Konon, makanan ini merupakan makanan yang disajikan untuk tamu Kerajaan Banten di abad ke 16.

Emping Menes

Emping menes atau kerupuk yang berasal dari kawasan Menes merupakan cemilan khas Banten dan banyak dibuat di kawasan Pandeglang. Emping ini terbuat dari melinjo atau gerintul dan sering dijadikan sebagai campuran bubur ayam, soto,nasi dan makanan lainnya. Emping banyak dijual dalam kemasan sehingga memudahkan wisatawan untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Nasi Sumsum

Nasi sumsum merupakan kuliner khas Banten yang terdiri dari nasi dan dicampur dengan sumsum tulang sapi atau kerbau. Campuran nasi dan sumsum tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dibakar di atas arang. Proses pembuatan nasi sumsum ini dipercaya semakin membuat rasanya lebih nikmat.

Angeun Lada

Salah satu makanan yang termasuk dalam daftar makanan khas Banten adalah angeun lada. Angeun lada terbuat dari campuran daging sapi dan daun walang yang dimasak sedemikian rupa sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Makanan ini berasal dari kawasan Serang Selatan dan banyak ditemui di sekitar Lebak dan Pandeglang. Angeun lada sering disajikan sebagai hidangan utama ketika perayaan Lebaran atau acara pernikahan.

Kue Kucur

Kue kucur yang berasal dari daerah Sarewah ini sudah terkenal hingga keluar Banten. Kue ini terbuat dari bahan campuran gula merah dan tepung beras. Rasanya yang manis dan legit membuatnya cocok disajikan sebagai teman minum kopi. Di Banten, camilan ini sering disajikan di saat hari besar Lebaran maupun pesta pernikahan.

Pasung Merah

Kue yang terbuat dari campuran gula merah, gula putih, parutan kelapa dan tepung beras ini merupakan favorit masyarakat Banten. Biasanya kue ini dibungkus dengan daun pisang sehingga menguatkan kesan tradisionalnya. Kue pasung merah sering juga disebut sebagai kue apem dan dimasak dengan cara dikukus.

Pecak Bandeng

Makanan yang termasuk dalam daftar makanan khas Banten lainnya dan terbuat dari ikan bandeng yakni pecak bandeng. Makanan ini dimasak dengan ulegan bumbu-bumbu seperti bawang, tomat, cabe dan rempah-rempah. Kemudian ikan bandeng yang sudah dicampur bumbu dibakar di atas arang hingga mengeluarkan aroma yang menggoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *