oleh oleh banten

Apa Saja yang Dapat Dijadikan Oleh – Oleh Banten?

Posted on

Anda sedang berkunjung ke Banten? Nah, nampaknya Banten juga dapat menjadi salah satu destinasi dalam waktu liburan bukan? lalu, kira – kira apa yang akan Anda bawa kembali ke daerah Anda selepas melakukan liburan bersama keluarga Anda nantinya?

QUICK DETOX

Nah, disini Saya ingin membahas beberapa oleh – oleh Banten yang dapat Anda bawa sebagai Oleh – oleh hasil liburan Anda. khususnya dalam hal kuliner. Apakah Anda penasaran? Kalau ingin tau selengkapnya, yuk simak informasi berikut ini.

Leumeung

Leumeng merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Banten yang dapat dijadikan oleh – oleh Banten. Biasanya leumeung ini lebih banyak ditemui pada bagian selatan dari Banten, khususnya di daerah Malingping, di Lebak Selatan.

Makanan Leumeung ini merupakan salah satu makan tradisional khas Banten dimana makanan ini terbuat dari suatu campuran beras ketan yang dibumbui dengan santan kelapa yang kental. Adonan dari beras ketan dan santan tersebut nantinya akan dimasukan ke dalam bilah – bilah bambu untuk segera di bakar di perapian hingga matang.

Makananan Leumeung ini memang sangat lezat jika dikonsumsi dalam keadaan yang hangat. Biasanya warga banten sendiri mengonsumsi leumeung ini dengan tambahan menu pendamping telor asin.

Leupeut

Leupeut merupakan oleh – oleh Banten yang banyak ditemukan di seluruh antero Indonesia. Hanya saja, lepet yang asli berasal dari daerah Banten. Lepet sendiri merupakan sebuah jajanan pasar yang mirip dengan daun kelapa muda yang nantinya akan di kukus.

Lepet memiliki rasa yang gurih sekali. Hal ini dikarenakan terkandung kelapa, dimana kelapa dapat menghasilkan santan yang digunakan dalam pembuatan lepet ini. memang tampilan dari lepet ini nampaknya sederhana, namun, pembuatannya sangat tidak sederhana dan diperlukan beberapa keahlian yang khusus.

Gipang

Gipang merupakan salah satu oleh – oleh Banten yang berupa makanan ringan yang banyak dijual sebagai oleh – oleh Banten. Gipang berbahan dasar dari ketan yang dicampur dengan air gula.

Gipang memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang renyah namun semakin lengket. Tak hanya ketan putih saja, gipang juga dapat dibuat dari beras ketan jenis lainnya seperti beras ketan merah dan ketan putih.  Saat ini pun kue gipang telah banyak di modifikasi sehingga memiliki banyak rasa. Bahkan adapula yang ditambahkan selai dalam mengonsumsinya? Berminat?

Kue Jojorong

Kue Jojorong merupakan salah satu jenis kue yang dapat dijadikan oleh – oleh Banten. Kue jojorong ini merupakan sebuah kue basah yang memang berasal dari tanah pasundan. Kue jojorong ini berbentuk kecil dan memiliki sensasi yang lembut dan gurih di lidah. Di banten, kue jojorong ini sangat mudah ditemukan khususnya di pasar – pasar tradisional.

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kue jojorong ini yaitu tepung kanji, tepung beras, gula merah, dan bahan – bahan lainnya. Biasanya kue jojorong ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan memerlukan sendok untuk mengonsumsinya. Hal tersebut dilakukan supaya lebih nikmat dan Anda dapat menyendok lelehan gula aren yang keluar dari bentukan kue jojorong ini.

Nah, itu dia beberapa oleh – oleh Banten yang dapat saya sampaikan kali ini. semoga bermanfaat untuk Anda semua dan dapat menjadi sebuah referensi untuk Anda dalam membeli oleh – oleh Banten selama Anda sedang berada di Banten. Belilah dalam jumlah porsi yang besar karena ada beberapa kue yang tidak dijual di luar daerah Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *