oleh oleh khas banten
sumber : banten.bisnis.com

7 Oleh oleh Khas Banten Yang Tak Boleh Terlewatkan Untuk Dibeli

Posted on

Di bagian ujung barat Pulau Jawa, terdapat provinsi Banten yang begitu terkenal akan keberadaan tempat-tempat wisatanya yang menarik. Bersamaan memiliki destinasi yang menarik, Banten juga memiliki kuliner yang khas, sehingga ketika berkesempatan untuk berkunjung ke sini, maka jangan sampai lupa membawa pulang beberapa oleh oleh khas Banten.

Bagi yang baru pertama kalinya datang ke provinsi Banten, mungkin masih merasa bingung hendak membeli oleh-oleh apa. Agar tidak salah pilih, berikut ini akan direkomendasikan beberapa oleh-oleh Banten yang bisa Anda beli untuk dibagikan kepada orang terdekat yang ada di kota asal.

Daftar Oleh-oleh Khas Banten

  • Keripik Emping Menes

Wilayah Pandeglang Banten terkenal sebagai pusat penghasil emping, yakni keripik yang terbuat dari bahan dasar melinjo yang disangrai dan dipipihkan, kemudian dijemur agar menjadi lebih tahan lama. Keripik emping menes ini tersedia dalam beberapa varian rasa, diantaranya adalah rasa original, rasa pedas, rasa balado dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Camilan Ceplis

Pernah dengar tentang ceplis? Ceplis merupakan camilan yang juga terbuat dari bahan dasar melinjo, sama halnya dengan emping. Yang menjadi perbedaanya, ceplis ditumbuk dengan bentuk yang lebih tebal, sehingga cita rasanya jelas berbeda dengan emping.

  • Leumeung

Di wilayah Banten selatan, terutama di Malingping, Lebak Selatan, terdapat oleh-oleh yang begitu khas dan terkenal. Oleh-oleh yang dimaksudkan adalah Leumeung, yakni berupa makanan tradisional Banten yang terbuat dari beras ketan berbumbu dan juga santan kelapa. Leumeung ini sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan telor asin, sehingga Anda tak boleh melewatkan untuk menjadikan leumeung sebagai salah satu oleh-oleh wajib untuk melengkapi waktu liburan Anda selama berada di Banten.

  • Leupeut

Sebenarnya leupeut merupakan jenis makanan yang bisa ditemukan dimana saja, khususnya di Pulau Jawa. Hanya saja, leupeut ini biasanya akan dimasak dalam acara tertentu saja. Namun di Banten, Anda bisa membeli leupeut sebagai oleh-oleh. Salah satu oleh oleh khas Banten ini terkenal akan rasanya yang gurih dan teksurnya yang empuk.

  • Gipang

Gipang merupakan makanan ringan yang terbuat dari hasil olahan ketan dan juga gula. Rasanya begitu manis dan memiliki tekstur yang sedikit lengket serta renyah. Makanan yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ini memiliki beberapa varian rasa, mulai dari rasa pandan, gula merah, coco pandan dan lain sebagainya.

  • Opak

Bisa dibilang opak merupakan caminal fenomenal khas sunda. Opak merupakan kerupuk yang memiliki rasa yang gurih dan renyah. Terdapat dua varian opak, yakni yang terbuat dari singkong dan ada yang terbuat dari beras ketan, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Banten, karena dapat dijadikan camilan serta teman lauk untuk makan.

  • Apem Putih

Provinsi Banten memiliki kue yang begitu khas, yakni kue apem putih. Konon katanya kue apem putih ini merupakan salah satu jenis makanan kesukaan Sultan Banten, sehingga kue ini selalu disajikan dalam acara Khaul Sultan. Tapi bagi Anda yang ingin mencobanya secara langsung dan menjadikannya sebagai oleh-oleh, maka datanglah ke wilayah Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Banten. Kue apem putih ini paling cocok dimakan bersamaan dengan madu, sehingga cita rasanya semakin lezat.

Dari sekian banyak oleh oleh khas Banten Anda bisa memilih salah satu diantaranya dan boleh juga memborong semuanya untuk dibawa pulang, karena memang harga setiap jenis oleh-oleh yang disebutkan di sini terbilang terjangkau sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *