oleh oleh khas banten sate bandeng

17 Oleh Oleh Khas Banten Paling Populer Tahun Ini

Posted on

Saat anda berkunjung ke Banten, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk diberikan kepada orang terdekat. Banyak sekali pilhan oleh oleh khas Banten yang bisa anda bawa pulang. Ada berbagai souvenir khas Banten, ada juga berbagai macam makanan khas Banten yang sangat populer. Untuk referensi anda, berikut ini kami sajikan beragam oleh oleh Banten yang paling terkenal saat ini.

Daftar Makanan Khas Banten Paling Populer

Sebenarnya Banten tidak hanya mempunyai makanan ataupun souvenir khas saja. Tentu saja ada minuman khas Banten yang begitu populer dikalangan pelancong. Salah satunya yakni es Sekemu yang sangat menyegarkan. Dilengkapi dengan potongan buah sawo dan kelapa muda, tentu minuman ini tidak hanya enak namun kaya manfaat. Namun minuman ini tentunya kurang cocok jika dijadikan sebagai oleh – oleh. Beragam makanan berikut ini mungkin lebih cocok anda jadikan sebagai buah tangan setelah mengunjungi Banten nantinya.

  • Sate Bandeng Serang

Ikan bandeng mungkin menjadi makanan yang sudah biasa anda konsumsi sehari hari yang disajikan dengan berbagai teknik memasak. Tapi pernahkah anda membayangkan atau sempat terfikirkan jika ikan bandeng disajikan dengan disate? Jika belum, cobalah untuk merasakan makanan khas Banten yang satu ini. Apalagi sate bandeng tersaji dengan daging ikan yang sudah dibersihkan dari durinya.

  • Kue Balok

Daftar makanan khas Banten selanjutnya yang bisa anda jadikan oleh oleh adalah kue balok. Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk balok dengan tampilan yang berwarna coklat kemerah merahan. Kue dengan aroma yang menggoda selera ini dibuat dari bahan baku utama singkong. Biasanya makanan ini disajikan dan disantap dengan serondeng, sehingga membuat rasanya lebih mantap dan nikmat.

  • Laksa Tangerang

Jika anda berkunjung ke Tangerang, jangan lupa dan jangan lewatkan untuk mencicipi Laksa Tangerang yang nikmat. Laksa khas Tangerang sedikit berbeda dengan Laksa yang ada di Betawi, Karena Laksa Tangerang lebih sederhana. Makanan khas Tangerang yang satu ini disajikan dalam mangkuk besar berupa mie putih yang disiram kuah sayur. Sajian sederhana ini terkadang juga ditambah bahan lain, seperti suwiran ayam, kacang, serta daun kucai.

  • Rabeg

Rabeg merupakan makanan yang diolah dari bahan utama berupa daging serta jeroan kerbau/kebo. Makanan khas Banten ini adalah jenis makanan yang berat serta biasanya disajikan dengan nasi hangat. Jika anda melihatnya sekilas, maka Rabeg akan tampak seperti semur yang disajikan dengan dicampur togseng. Bedanya rabeg ini merupakan makanan yang mempunyai banyak rempah rempah di dalamnya.

  • Gerem Asem

Oleh Oleh khas Banten yang satu ini sangat cocok bagi anda yang merupakan penikmat makanan pedas. Makanan pedas segar ini mempunyai bahan utama dari olahan daging ayam atupun daging bebek. Tekstur khas dari kedua daging tersebut, dipadukan dengan bumbu bumbu pedas yang menyegarkan mulut anda. Biasanya Gerem Asem juga ditambah dengan beberapa bahan lainnya, seperti sayuran dan hasil laut.

  • Sate Bebek Cibeber

Ternyata Banten mempunyai sajian unik berupa sate lain selain sate bandeng yang telah disebutkan di atas. Bahkan sate bebek Cibeber telah menjadi sebuah ikon bagi kuliner di kota Serang. Oleh oleh khas Banten Serang ini Sate unik ini disajikan dengan bumbu kacang maupun kuah tepung yang merupakan racikan sendiri. Jadi jangat sampai melewatkan kuliner unik ini jika anda berkunjung ke Serang.

  • Nasi Belut

Sajian kuliner Banten ini merupakan makanan berupa nasi dan belut yang dikominasikan dengan bumbu rempah. Belut yang digunakan merupakan belut hasil tangkapan dari sawah yang dipotong dan dibersihkan dari jeroan. Setelah itu belut dipoles dengan bumbu, setelah itu belut tersebut digoreng. Belut akan terasa begitu gurih, apalagi dipadukan dengan bumbu seta sambal yang ,enggugah selera.

  • Gecom

Gecom merupakan makanan tradisional Banten yang tetap eksis sampai kini, sehingga anda masih bisa menikmatinya. Yang membuatnya menarik da tetap eksis hingga kini adalah proses pengolahannya yang terbilang cukup unik. Keunikannya adalah dimana wajan yang digunakan merupakan wajan datar. Nama Gecom sendiri merupakan sebuah singkatan yang kjepanjangannya adalah Toge Oncom.

  • Otak Otak

Makanan ini merupakan oleh oleh khas Pandeglang Banten yang terbuat dari ikan tenggiri  dengan tekstur lembut dan tampilan tradisional. Dibuat dengan cara diaduk dan dicampur dengan santan, tepung topioka, gula pasir, bawang putih, merica serta garam. Karena dipanggang di atas arang dengan dibungkus daun pisang, maka aroma yang dihasilkan sungguh nikmat.

  • Kue Pasung

Kue nikmat yang satu ini merupakan kue hasil olahan dari tepung beras sebagai bahan utamanya. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras yang dicampur gula aren serta tepung sagu yang dicampur santan. Ada juga campuran bahan lain dari nangka ataupun potongan kelapa.

Souvenir Khas Banten Paling Populer Tahun Ini

Diatas kita telah mengulik beragam makanan yang paling populer dicicipi bahkan dijadikan oleh –oleh ketika berkunjung ke Banten. Jika anda bukan termasuk orang yang menyukai dunia kuliner, beberapa referensi souvenir khas Banten ini mungkin sangat membantu anda memilih oleh – oleh berbentuk souvenir.

  • Batik Krakatau

Batik Krakatau merupakan oleh oleh khas Banten Cilegon yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga. Nama batik ini terinspirasi dari gunung yang sempat meletus secara dahsyat pada tahun 1883, yaitu Gunung Krakatau. Jika anda tertarik bisaa datang ke Jl. Teuku Umar Kranganyar atau Jl. Kyai H Tubagus Ismail 20.

  • Golok Khas Cilegon

Souvenir khas Banten yang satu ini cocok bagi anda yang gemar mengoleksi benda benda antik. Hal ini karena Golok ini merupakan senjata tradisional masyarakat Cilegon. Jika anda tertarik, anda bisa mengunjungi Cilegon pada perayaan Festifal Golok Day yang diadakan guna memperingati ultah kota Cilegon.

  • Tas Akrilik

Sesuai dengan namanya, tas ini merupakan tas dengan hiasan dari batu akrilik. Batu akrilik merupakan jenis batu yang banyak digunakan untuk membuat berbagai aksesoris. Contohnya adalah tas Akrilik ini, ada juga gelang dan cincin. Harganya berkisar antara 150 ribu sampai 850 ribu.

  • Batik Lereng Lesung

Batik ini juga merupakan batik khas Cilegon selain batik Krakatoa. Desain batik ini begitu khas dengan motif rumput laut yang menggambarkan posisi kota Cilegon. Selain itu ada juga motif lesung yang merupakan budaya tradisional kota Cilegon. Dan ada pula motif kubah masjid, motor dan motif elektronik yang semua itu menggambarkan Cilegon.

  • Miniatur Landmark Cilegon

Oleh oleh yang satu ini sangat cocok dibawa pulang untuk menyimpan kenangan indah anda saat berada di Cilegon, Banten. Bentuk dasarnya adalah lingkaran dengan mesin yang berputar, menunjukkan Cilegon sebagai kota industri. Ada juga taman hijau, mercusuar yang menjulang dengan atap berbentuk kubah. Miniature ini berukuran 17x13x13 cm dengan harga 175 ribu.

  • Gantungan Kunci Tangerang

Oleh oleh yang satu ini sangat mudah ditemui dan ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Gantungan Kunci Tangerang ini hadir dengan model khas Baduy maupun khas wisata di Tangerang. Jadi, jika banyak yang meminta anda membawakan oleh oleh, maka gantungan kunci ini cocok untuk anda. Souvenir khas Banten yang satu ini juga sangat recomended anda pilih jika budget oleh –oleh terbatas.  Hal ini karena harganya terbilang murah dibandingkan souvenir lainnya.

  • Tas Baduy

Tas ini merupakan tas yang sering digunakan oleh orang orang Baduy, sehingga cocok dijadikan oleh oleh. Tas anyaman ini hadir dengan beraneka desain serta beraneka ragam warna. Souvenir ini banyak sekali diminati karena unik dan kini sudah hadir di took oleh oleh di Tangerang.

Demikianlah beberapa pilihan oleh oleh khas Banten yang dapat kami bagikan untuk anda. Jangan sampai melewatkan membawa oleh oleh di atas untuk keluarga dan kerabat anda. Pilihlah oleh oleh yang sesuai dengan kantong anda dan selera anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *